Sunday, September 28, 2014

Timun Mas: Manis, Renyah, dan Berair

Hari ini my hubby membeli buah Timun Mas. nama buah yang selama ini menjadi judul dongeng atau folklor yang banyak diceritakan kepada anak-anak menjelang tidur. 
Jika ditilik dari namanya, kita mungkin langsung terbayang buah ketimun (cucumber) yang segar, berwarna hijau dan berair banyak, dengan dagingnya yang berwarna putih. 
Nah, sebagaimana dengan namanya pula, Timun Mas diberi nama Timun Emas ini mungkin juga karena warna dagingnya yang berbeda dari warna daging buah mentimun biasa. Warna daging buahnya yang berwarna kuning inilah yang menyebabkan dia diberi nama Timun Mas. 
Selain itu, jika buah mentimun atau ketimun biasa berasa tawar, maka Timun Mas yang sudah tua berasa manis. Dagingnya juga lebih renyah. Jika digigit dan dikunyah, maka suara riaknya meriah di gigi dan di lidah. 
Yummy dan segarrr.......
Untuk penampakannya, seperti ini niiii ......
Timun Mas Sebelum DIkupas
Timun Mas Sebelum DIkupas
Timun Mas dalam Belahan, Warna Dagingnya Kekuningan. Bijinya Sama dengan Biji Mentimun Biasa
Timun Mas yang Sudah Dikupas dan Dibelah
  *)Catatan: Yang berwarna merah tu buah Semangka ya....Kebetulan, si Timun Mas ini meskipun namanya Timun, tetapi sebenarnya secara kekerabatan bisa jadi di alebih dekat dengan si Semangka atau melon-melonan ini, alias labu-labuan .... Dan, rasanya juga lebih mirip dengan Blewah atau Garbis .....

All Pic. Taken by Mama @mom_of_five, 28 September 2014, by Oppo Yoyo Android

No comments:

Post a Comment