Saturday, April 4, 2015

Gado-gado: Lezat dan Juga Cocok untuk Diet

Banyak jenis makanan khas Indonesia yang sehat untuk dikonsumsi. Sebut saja gado-gado sayur yang terdiri atas ragam jenis sayur mentah seperti ketimun/mentimun, daun salad, dan tomat. Selain itu kecambah dan kol (kubis) yang telah direndam dengan dengan air mendidih. 

Tuh kan, ragam sayur bercampur padu menjadi satu dalam sepiring gado-gado yang lezat dengan paduan lontong dan rebusan kentang kemudian disiram dengan saus kacang. Wew, nikmatnya. 
Sebagai penambah rasa tidak ketinggalan irisan tahu goreng, telur rebus, taburan bawang goreng, dan kerupuk menemani. Dan, yang paling cocok untuk menemani gado-gado adalah keripik melinjo. Tetapi, jika tidak ada keripik melinjo, kerupuk bawang pun jadi.

Bagi yang suka pedas, bisa ditambahkan sambal untuk semakin meningkatkan selera makan. 
Dulu, tahun 1990an, sepiring gado-gado di warung Bu Betty (Gubeng Klingsingan, Surabaya), harganya cuma Rp800,-. Kalau sekarang harganya satu porsi mencapi Rp9.000,-. Sayangnya, itu bukan gado-gado Bu Betty yang memiliki ciri khas keripik melinjo dan saus kacangnya yang 'khaaaaas' bangetss.

Hmmm ... satu piring gado-gado bisa membantu program diet kita lo. Bukankah sayuran mengandung banyak serat, sehingga melancarkan pencernaan kita. 
So, tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi gado-gado sekarang.

Sunday, March 1, 2015

Jus Wortel, Segar dan Berkhasiat ....

Jus wortel?
Segar dong.
Mau dong.
Dan,..... ternyata khasiatnya untuk kesehatan sangat banyak lo. Saya sebelumnya sudah pernah menuliskannya di blog saya yang satunya ini, mom of five

Berdasarkan pengalaman, wortel paling sering disayur, itu tuuh ... untuk bikin sayur sop yang segerrr .... 
Selain itu juga bisa dimasak acar kuning, bikin campuran bakwan, bikin omelet, dan aneka ria ragam masakan. yang penting, kreatif-kreatifnya kita aja deh. Soalnya si wortel ini memang sayur yang penurut.

Tapiiii, dimakan mentah pun bisa lo. Wah, kayak kelinci dong. He'eh, biar lincah kayak kelinci.
Tapi, memang bener kok, wortel yang dimakan mentah juga enak. Renyah dan manis. Ya, meskipun bagi yang tidak biasa, mungkin akan merasakan adanya 'langu' begitu.

Tapi, yang paling enak sih dibikin jus saja. lebih segar. Anak-anak paling suka dengan wortel yang dijus. Apalagi kalau didinginkan dulu di kulkas. Pagi-pagi sebelum sarapan, jus wortel bisa diminum. Atau bisa juga dibuat bekal anak-anak ke sekolah. Ya, lebih sehat saja gituuu. Daripada beli minuman di luaran, yang belum tentu terjaga kebersihan dan racikannya. (maksudnya, adanya campuran zat-zat additifnya).

Lalu, apa siii khasiat wortel untuk kesehatan?
Manfaat kesehatan wortel yang paling terkenal adalah mampu memperbaiki penglihatan dan menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A dalam wortel sangat tinggi.
Manfaat wortel lainnya adalah untuk menyembuhkan wasir yang masih stadium awal. Caranya? Satu buah wortel diparut lalu diperas atau bisa langsung dijus saja dan dicampur dengan satu jari kunyit. Dicampur dengan madu sedikit saja untuk mengurangi rasa 'getar' pada lidah akibat rasa kunyit. Abis gitu, diminum deh. Yang rajin-rajin saja setiap pagi setiap hari. Tidak sampai seminggu, sudah bisa meredakan keluhan wasir.

Manfaat wortel untuk kesehatan yang lainnya? Silakan baca tulisan saya yang di mom of five yaaa :)

Pic. by @mom_of_five

Thursday, February 19, 2015

Kurma, Si Manis yang Enak di Jus Juga

Kurma memang buah bermanfaat. Manis dan seratnya tinggi. Sangat dikenal untuk dikonsumsi di bulan Ramadhan. Untuk mengetahui manfaat kesehatan dari buah kurma, pernah saya tuliskan di blog yang lain, mom of five
Nah untuk yang saat ini saya cuma mau cerita tentang jus kurma yang dibuat kak Iffah beberapa hari yang lalu. Saat dia ngebet banget pingin bikin jus buah. Waktu itu di kulkas hanya ada kurma, wortel, dan tomat. Setelah ditimbang-timbang, akhirnya dia memilih untuk bikin jus wortel dan kurma. 

Tek... tek ... tek.... setelah menyiapkan blender, karena aku pesen ke dia untuk tidak menggunakan juicer, dia pun mulai memblender buah kurma dan dilanjutkan dengan jus wortel. Dan ... eng ... ing ... eng .... Ini dia jus kurma buatan Kak Iffah ....




Hmmm ... manis sekali lo jus kurmanya. Tiga sendok saja rasanya sudah 'mbelenger', manisnya kayak madu dan ada sedikit sensasi dari kulit arinya kali ya. Karena memang tidak saya saring. Enak sekalian sama seratnya. Yummyyyy ....
O iya, bagus untuk sahur juga lo, bikin tahan lapar. Terus untuk buka puasa juga bagus, untuk mengganti gula dan karbohidrat setelah seharian puasa. Bagi yang tengah menghindari nasi atau lagi diet nasi, bisa digantikan dengan jus kurma ini. Atau.... bagi yang lagi radang tenggorokan sehingga sulit untuk menelan nasi, bisa lo digantiin dengan jus kurma ....

So, selamat mencoba dan menikmati manfaat kesehatan jus kurma yaaa .....

Pics. by @mom_of_five, 
Taken Februari 2015,
@DapurMama

Thursday, February 5, 2015

Buah Naga, Segar Manis Kaya Manfaat

Buah Naga, dari namanya, buah ini mencerminkan bentuk buah dan pohonnya. Menjalar dan merambat dengan buah yang berselisik seperti naga. Warna merah meronanya yang cantik sangat menarik saat buah-buah ini bergelayut di pohonnya.
Rasanya manis dan segar. Terutama jika dikupas setelah disimpan di dalam kulkas. Dan, memang lebih baik dimakan dalam kondisi segar, karena jika dimakan saat sudah layu, maka buah naga akan berdampak pada pencernaan, yaitu membuat perut kembung. 

Buah yang segar, merona, dan manis ini kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 


Manfaat buah naga untuk kecantikan atau khasiat buah naga untuk kecantikan di antaranya adalah kandungan vitamin C nya dapat menghaluskan kulit. Selain itu, kasiat buah naga untuk kecantikan adalah untuk mengatasi jerawat, yaitu dengan menggunakan buah naga sebagai masker.

Bukan hanya untuk kecantikan, buah naga juga sangat bermanfaat terhadap kesehatan. Beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan di antaranya adalah kaya serat sehingga membantu pencernaan, mengurangi kolesterol, mengandung fosfor sehingga membantu ibu hamil untuk menguatkan tulang janin.
O iya. Buah naga juga kaya betakaroten lo. Jadi buah naga bisa memberi manfaat seperti wortel, yaitu berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.


Nah, untuk jenis-jenisnya, sebenarnya buah naga ini tidak hanya berwarna merah, tetapi ada juga yang berwarna putih. Beberapa jenis buah naga di antaranya adalah:

Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih. 
Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah. 
Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih. 
Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Pics: dapur @mom_of_five

Monday, February 2, 2015

Karnaval Ayo Melek Gizi Sarihusada, Saatnya Sadar Asupan Makanan Bergizi

Karnaval Ayo Melek Gizi dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang diselenggarakan di Jakarta memang telah berlalu. Namun pesan yang disampaikan dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Sarihusada melalui program Nutrisi untuk Bangsa tersebut dapat diterima oleh masyarakat yang tinggal di luar Jakarta. Bahkan di seluruh nusantara. 
Karnaval Melek Gizi Sarihusada (Sumber: Nutrisi Untuk Bangsa)
Kegencaran media sosial @nutrisi_bangsa dan fanpage Nutrisi untuk Bangsa dalam menyampaikan pesan Karnaval Ayo Melek Gizi mampu menembus batas waktu dan tempat. Betapa tidak, timeline twitter @nutrisi_bangsa dan fanpage Nutrisi untuk Bangsa menjadi ajang bagi para warga yang hadir pada acara tersebut untuk meng'upload' setiap moment rangkaian karnaval dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional di lokasi. 
Dengan demikian, pesan yang disampaikan dalam event Karnaval Ayo Melek Gizi Sarihusada pun dengan mudah dapat tersampaikan kepada masyarakat. Terutama pesan untuk mulai memperhatikan cara hidup sehat melalui pemenuhan asupan gizi yang seimbang dan tepat. 

Lantas, apakah cukup sampai di situ saja? 
Tentu saja tidak. 
Pesan yang diterima dari Karnaval Ayo Melek Gizi harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, karnaval gizi merupakan tantangan yang harus dihadapi. Kita harus siap untuk bersaing dengan restaurant junk food, fast food, dan jenis-jenis makanan olahan instan di luar sana. Yang menggiurkan dengan pesan promo, potongan harga, paket hemat, dan daya tarik penyajian yang menggoda selera. 

Lantas apa sih yang dapat kita lakukan untuk menerapkan pesan #karnavalgizi di rumah? Berikut sekelumit saja tentang bagamana menerapkan #karnavalgizi di rumah. 

Pertama, Sediakan selalu bahan makanan segar di kulkas 
Bahan makanan yang harus ada di antaranya adalah buah, sayuran, sumber protein hewani (ikan-ikanan, daging/ayam, telur), sumber protein nabati (tahu, tempe). Selain itu cabe, tomat, garam, gula, dan rerempahan macam bawang putih, bawang merah, kunyit, jeruk nipis, jahe, lengkuas, dan daun salam serta daun jeruk juga dianjurkan untuk hadir sebagai persediaan bahan makanan. 
Sayuran Segar Sebaiknya Selalu Tersedia di Kulkas
Buah Segar untuk ASupan Gizi Keluarga
Buah-buahan segar dapat dinikmati begitu saja ataupun dibuat sebagai minuman (jus). Sayur juga bisa dibikin minuman lo, seperti wortel dan tomat. Nah, agar ketersediaannya terpenuhi dan kondisi sayuran tetap segar, penyediaan bahan makanan ini dapat dilakukan satu minggu sekali. Karena jika sebulan sekali, pasti akan mengurangi tingkat kesegarannya.

O iya, dengan menyediakan bahan makanan di kulkas, kita bisa lebih berhemat lo. Selain itu, kita juga bisa lebih kreatif, karena kita akan berusaha untuk memasak bahan-bahan tersebut sesuai dengan selera kita. Tidak jarang, kita dituntut untuk melakukan eksperimen dengan menu tertentu di akhir pekan atau akhir bulan, saat persediaan bahan makanan di kulkas makin menipis hehehe .... 
Jika Persediaan Menipis, Paduan Daging dan Sayuran bisa Menjadi Menu Spesial untuk si Kecil atau untuk Camilan
Kedua, Hindari penggunaan penguat rasa 
Penguat rasa semacam monosodium glutamat memang bisa meningkatkan selera makan. Tetapi dampaknya tidak bagus untuk kesehatan, karena bisa bersifat karsinogenik. Karena itu, sebaiknya dihindari. Jika ingin makanan tetap sedap dan lezat? Kita bisa menggantikannya dengan menyediakan jamur, udang, dan jenis ikan-ikanan ataupun rajungan dan kerang-kerangan. Bahan-bahan tersebut bisa menjadi pengganti penguat rasa lo. Selain aromanya lebih sedap, rasanya juga lebih gurih.  
Udang Bisa Menguatkan Rasa dan Menyedapkan Masakan
Jamur juga Bisa Menguatkan Rasa dan Menyedapkan Masakan
Ketiga, Perhatikan cara memasak bahan makanan 
Memasak makanan juga tidak boleh sembarangan lo. Kita harus memperhatikan sampai di titik mana kita harus merebus atau menggoreng makanan. Kalau sampai terlalu matang, kita bisa kehilangan kandungan gizinya, karena gizinya akan rusak. Sementara kalau masih terlalu mentah, pastinya akan merusak selera jika kita tidak terbiasa makan sayur setengah matang. 
So, setidaknya kita harus tahu karakter sayuran yang kita masak. 

Keempat, Atur pola makan 
Pola makan yang teratur akan membantu tubuh untuk menerima asupan makanan sesuai dengan jam organ tubuh. Dengan demikian, penyerapan zat makanan dapt berlangsung optimal. Itulah mengapa, sarapan pagi adalah keharusan, karena pada kisaran pukul 6-9 pagi, posisi lambung tengah kuat-kuatnya mencerna makanan. Untuk selanjutnya diserap secara kuat oleh limpa pada pukul 9 pagi. 
Dan, itu pula di sore hari, sambil menikmati udara sore, minuman jus atau susu hangat sangat tepat untuk menemani cemilan sehat, karena pada sore hari, usus halus tengah bekerja untuk menyerap sari-sari makanan untuk segera didistribusikan ke seluruh tubuh. 
Jus atau Susu Bisa Menjadi Teman Santai di Sore Hari
Kemudian, di malam hari, terutama setelah pukul 9 malam, kita sudah tidak dianjurkan untuk makan berat, lambung mulai lemah dalam melakukan aktivitas mencerna. Selain itu, limpa dan jantung mulai harus beristirahat. 

Selain memperhatikan waktu, pola makan ini juga memperhatikan jenis makanan yang diasup. Pemilihan jenis makanan dan urut-urutan konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap efektivitas penyerapan gizi yang terkandung dalam makanan. Misalnya, makan buah sebelum makan berat dan bukan makan berat baru makan buah, hindari minum teh segera setelah makan berat, hindari makan daging bersamaan dengan makan ikan-ikanan. 

Dan, masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk peduli nutrisi untuk bangsa, makanan sehat bergizi dan kampanye pola hidup sehat, seperti membiasakan untuk membawa bekal dari rumah, program cinta masakan rumah, membiasakan mencuci tangan sebelum makan, dan lain-lain.

Pics: dapur @mom_of_five



Sunday, November 30, 2014

Strawberry nan Merona ....

Minggu pagi menyempatkan mampir ke pasar tradisional di dekat rumah. pas mau keluar pasar, ada ibu-ibu tua jualan lontong pecel. Begitu melihat strawberry yang ada boks berisi strawberry yang disusun dalam kemasan plastik kecil-kecil, di kepalaku langsung ada wajah para krucils. Senggol my hubby, dan jadilah aku ambil itu buah strawberry. 
Hmmm .... bener. Sampai rumah, di antara buah yang aku bawa hari ini, maka strawberry menjadi tujuan pertama. Buah lainnya? mengalah dulu la yaw.... Itu buah semangka pesenan si kakak, mangga kesukaan my hubby, dan buah salak pun tersisihkan ke pinggir tembok. Ngantri dulu untuk di santap kemudian, karena putusan juru tidak bisa diganggu gugat. Selera para krucils jatuh pada si merah merona nan jelita, strawberry ....
Kalau aku sih senang-senang saja mereka menyantap buah strawberry. Meskipun agak asam, tetapi mereka menyiasatinya dengan me'notol'kan strawaberry dengan gula. So, hasilnya asam manis segerrr ....
Lagi pula, buah yang merah merona ini juga memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Jadi, keempat krucils yang semuanya dara manis ini biar makin sehat dan cantik saja hehehe ....

Nah, apa sih manfaat buah strawberry untuk kesehatan? Kalau dari baca-baca sih, buah yang berwarna merah itu kandungan antiokisdannya tinggi, so, buah strawberry bisa mencegah penyakit kanker. Truss ... kandungan mangan pada buah strawberry bisa mengurangi risiko penyakit jantung. kalau zat besi dan potassiumnya bisa menyeimbangkan peredaran darah, so bisa mencegah tekanan darah tinggi.
Dan .... pastinya sebagai buah segar nan merona, buah strawberry masih memiliki segudang manfaat kesehatan.

Nah, kalau manfaat buah strawberry untuk kecantikan apa ya? Kalau dari baca-baca juga, manfaat buah strawberry untuk kesehatan itu adalah: buah strawberry bisa mencerahkan kulit yang kusam, mencerahkan mata. Itulah mengapa, strawberry biasa juga digunakan untuk masker. 
Denger-denger, buah strawberry juga bisa mencegah jerawat lo. So.....tidak ada salahnya, kalau sering-sering beli buah Strawberry dan memasukkannya dalam kombinasi makanan sehat kita....
Makan yuuuk, buah strawberry .....
Pics taken by @mom_of_five,
November 30 2014
by Oppo Yoyo

Saturday, October 25, 2014

Merahnya Buah Semangka, Segarnya Itu Di Sini ....

Merahnya Buah Semangka (Pic. by @mom_of_five, 2014)
Buah semangka pasti bukan buah yang asing bagi kita semuanya. Buah yang berair dan pas untuk saat panas-panas kayak gini. Dan, memang pas sekali si buah semangka ini hadirnya, karena dia banyak dipanen di saat musim kemarau. Ya, memang sudah sifatnya sih, nyaman di musim kemarau. karena dia tidak senang dengan tempat yang becek.
Buah semangka juga lebih terasa manisnya kalau dia ditanam di musim kemarau. Kalau dia ditanam dan dipanen di musim hujan, buahnya cenderung 'anyep' alias tidak manis. Banyak airnya doang.
Hmmm .... panas-panas gini, membayangkan irisan merah buah semangka di dalam kulkas, Segarnya itu di sini .....

Dan, yang pasti, buah semangka ini tidak hanya segar saja lo, ada juga manfaat kesehatan buah semangka untuk kita. Juga ada manfaat kecantikan buah semangka. 
Seperti buah yang berwarna merah lainnya, buah semangka juga banyak mengandung antioksidan. Dan, segar berairnya buah semangka juga bagus untuk kulit. So, .... merahnya buah semangka, banyak manfaat untuk kesehatannya, dan ... segarnya itu di sini ....

Oh iya, buah semangka ini juga jenis labu-labuan lo. Jadi masih satu keluarga dengan Melon, Blewah, atau Timun Mas ....