Sunday, March 1, 2015

Jus Wortel, Segar dan Berkhasiat ....

Jus wortel?
Segar dong.
Mau dong.
Dan,..... ternyata khasiatnya untuk kesehatan sangat banyak lo. Saya sebelumnya sudah pernah menuliskannya di blog saya yang satunya ini, mom of five

Berdasarkan pengalaman, wortel paling sering disayur, itu tuuh ... untuk bikin sayur sop yang segerrr .... 
Selain itu juga bisa dimasak acar kuning, bikin campuran bakwan, bikin omelet, dan aneka ria ragam masakan. yang penting, kreatif-kreatifnya kita aja deh. Soalnya si wortel ini memang sayur yang penurut.

Tapiiii, dimakan mentah pun bisa lo. Wah, kayak kelinci dong. He'eh, biar lincah kayak kelinci.
Tapi, memang bener kok, wortel yang dimakan mentah juga enak. Renyah dan manis. Ya, meskipun bagi yang tidak biasa, mungkin akan merasakan adanya 'langu' begitu.

Tapi, yang paling enak sih dibikin jus saja. lebih segar. Anak-anak paling suka dengan wortel yang dijus. Apalagi kalau didinginkan dulu di kulkas. Pagi-pagi sebelum sarapan, jus wortel bisa diminum. Atau bisa juga dibuat bekal anak-anak ke sekolah. Ya, lebih sehat saja gituuu. Daripada beli minuman di luaran, yang belum tentu terjaga kebersihan dan racikannya. (maksudnya, adanya campuran zat-zat additifnya).

Lalu, apa siii khasiat wortel untuk kesehatan?
Manfaat kesehatan wortel yang paling terkenal adalah mampu memperbaiki penglihatan dan menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A dalam wortel sangat tinggi.
Manfaat wortel lainnya adalah untuk menyembuhkan wasir yang masih stadium awal. Caranya? Satu buah wortel diparut lalu diperas atau bisa langsung dijus saja dan dicampur dengan satu jari kunyit. Dicampur dengan madu sedikit saja untuk mengurangi rasa 'getar' pada lidah akibat rasa kunyit. Abis gitu, diminum deh. Yang rajin-rajin saja setiap pagi setiap hari. Tidak sampai seminggu, sudah bisa meredakan keluhan wasir.

Manfaat wortel untuk kesehatan yang lainnya? Silakan baca tulisan saya yang di mom of five yaaa :)

Pic. by @mom_of_five

No comments:

Post a Comment