Thursday, February 5, 2015

Buah Naga, Segar Manis Kaya Manfaat

Buah Naga, dari namanya, buah ini mencerminkan bentuk buah dan pohonnya. Menjalar dan merambat dengan buah yang berselisik seperti naga. Warna merah meronanya yang cantik sangat menarik saat buah-buah ini bergelayut di pohonnya.
Rasanya manis dan segar. Terutama jika dikupas setelah disimpan di dalam kulkas. Dan, memang lebih baik dimakan dalam kondisi segar, karena jika dimakan saat sudah layu, maka buah naga akan berdampak pada pencernaan, yaitu membuat perut kembung. 

Buah yang segar, merona, dan manis ini kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 


Manfaat buah naga untuk kecantikan atau khasiat buah naga untuk kecantikan di antaranya adalah kandungan vitamin C nya dapat menghaluskan kulit. Selain itu, kasiat buah naga untuk kecantikan adalah untuk mengatasi jerawat, yaitu dengan menggunakan buah naga sebagai masker.

Bukan hanya untuk kecantikan, buah naga juga sangat bermanfaat terhadap kesehatan. Beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan di antaranya adalah kaya serat sehingga membantu pencernaan, mengurangi kolesterol, mengandung fosfor sehingga membantu ibu hamil untuk menguatkan tulang janin.
O iya. Buah naga juga kaya betakaroten lo. Jadi buah naga bisa memberi manfaat seperti wortel, yaitu berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.


Nah, untuk jenis-jenisnya, sebenarnya buah naga ini tidak hanya berwarna merah, tetapi ada juga yang berwarna putih. Beberapa jenis buah naga di antaranya adalah:

Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih. 
Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah. 
Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih. 
Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Pics: dapur @mom_of_five

No comments:

Post a Comment